Pengikut

Translator:

Sabtu, 02 April 2011

Saat membahas masalah template blogspot dengan sobat blogger, akhirnya saya jadi tertarik untuk melihat-lihat lagi macam-macam template baru yang ada di "Perancang Template" atau "Template Designer" dan ternyata memang ada sedikit perubahan yang ada pada halaman tersebut seperti "Adjust Widths" yang sudah bisa langsung terlihat saat kita buka halaman Perancang Template.

Saat ini para blogger mungkin menjadi lebih beruntung karena punya banyak pilihan untuk mengganti template. Mengganti template di "blogger baru" sebenarnya tidaklah terlalu jauh berbeda dengan cara mengganti template di "blogger lama". Perbedaan yang ada hanyalah pada bertambahnya jumlah pilihan template yang bisa dipergunakan.

3 (tiga) Pilihan Template BlogSpot ;
  1. New Blogger Templates (Template Blogger Baru) : Template ini merupakan template Blogger (Blogspot) dan secara resmi ditetapkan sebagai salah satu template terbaru Blogspot yang baru diluncurkan pada pertengahan tahun 2010. Template ini tersedia dalam beberapa pilihan seperti misalnya Template Mudah (Simple) by Josh Peterson, Jendela Gambar (Picture Window) by Josh Peterson, PT Keren Sekali (Awesome Inc.) by Tina Chen, Tanda Air (Watermark) by Josh Peterson, Kelembutan (Ethereal) by Jason Morrow dan Perjalanan (Travel) by Leezche .
  2. Layout Templates (Template Tata Letak) : Template ini diluncurkan sejak tahun 2006 dan terhitung lama digunakan oleh blogspot dan bahkan karena modifikasi blog dalam template ini lebih mudah dan enak bila dibandingkan New Blogger Template maka Template Tata Letak lebih disukai oleh banyak blogger. Template Tata Letak juga tersedia dalam banyak pilihan, diantaranya Minima (Minima Dark, Minima Blue, etc), Dots, Rounders, Denim, Harbor, Scribe, Tekka, Tic Tac Blue, Thisaway, Son of Moto, Snapshot, Sand Dollar dan beberapa yang lain.
  3. Classic Templates (Template Klasik) : Template pertama yang digunakan Blogger dan hingga saat ini juga masih bisa dimanfaatkan, sekalipun sudah tidak ada lagi blogger yang menggunakan template ini sebagai desain dasar blog mereka.
Cara Mengganti Template BlogSpot
  1. Login : Login ke Blogger (Login to Blogger) .
    • Tuliskan User Name (Nama Pengguna) atau Email Address (Alamat Email).
    • Tuliskan Password (Sandi).
    • KLiK! "Login". Tunggu beberapa saat hingga halaman baru terbuka (halaman dasboard).
  2. Dasboard (Dasbor) : Di halaman ini tersedia banyak link. Cari dan KLiK! link "Design" (Rancangan).
  3. Design (Rancangan) : Bagian yang akan sampeyan temui di halaman ini adalah "Page Elements" atau "Elemen Laman". Silahkan teruskan dengan mencari link "Edit HTML". KLiK! link "Edit HTML".
  4. Edit HTML : Setelah langkah penggantian template sampai di sini, kita tentukan pilihan "Template Pengganti" yang akan kita gunakan.
    • New Blogger Templates (Template Blogger Baru).
    • Layout Templates (Template Tata Letak).
    • Classic Templates (Template Klasik).
1. New Blogger Templates
  1. Design (Rancangan)/Edit HTML : KLiK! "Perancang Template" atau "Template Designer". Tunggu beberapa saat.
  2. Blogger Template Designer : Di halaman ini tersedia beberapa pilihan "Template Baru Blogger" seperti "Template Mudah", "Kelembutan" dan yang lain. Tentukan "Template Pengganti" yang akan digunakan dengan KLiK! pada "Gambar Template" nya.
  3. Templates : Dari beberapa pilihan "Template Pengganti" tersebut juga menyediakan beberapa bentuk yang berbeda yang ditunjukkan dengan beberapa gambar bentuk template yang tersedia (Gambar kecil di bawahnya). KLiK! salah satu dari pilihan tersebut. Setelah satu pilihan dilakukan, maka akan ada display bentuk blog sesuai pilihan sampeyan di bagian bawahnya.
  4. Background : Lanjutkan dengan KLiK! "Background". Bila ingin menggunakan background gambar, teruskan dengan KLiK! Box di bawah teks "Background-Image" yang berada di sebelah kanannya. Akan muncul beberapa pilihan gambar yang diperuntukkan sebagai "Background-Image" blog. KLiK! pada gambar terpilih kemudian KLiK! "Done".
  5. Adjust widths : Berfungsi untuk mengatur lebar halaman blog dan lebar sidebar (sidebar kanan dan/atau sidebar-kiri).
  6. Layout : Ada dua pilihan pengaturan layout blog. KLiK! setiap link pengaturan layout untuk mengatur pola blog sampeyan.
    • Body layout : Pilihlah pola halaman blog sampeyan dengan bentuk (pola) yang tersedia. Pilihan ini berkaitan dengan jumlah sidebar (kanan dan kiri atau salah satu) serta pola dari widget (kolom) sidebar, halaman posting di tengah atau di kanan/kiri.
    • Footer Layout : Silahkan pilih jumlah kolom footer yang diinginkan. 1 kolom, 2 kolom atau 3 kolom. Footer terletak di bagian terbawah halaman blog.
  7. Advanced : Beberapa pengaturan dapat kita lakukan di sini, terutama berkaitan dengan penggunaan "font". Sampeyan dapat menentukan warna teks, link, font-family, hover, font-style, warna dan font-weight (tebal font). Setiap pilihan bisa sampeyan lihat demonya dengan melihat perubahan yang terjadi pada display blog di bawahnya. Apabila ingin menambahkan Kode CSS yang beasal dari luar, sampeyan bisa tambahkan lewat halaman ini dengan KLiK! "Add CSS". Kode CSS yang copy dan pastekan akan langsung tersimpan di template. Sampeyan dapat melihat hasilnya ketika membuka "Edit HTML".
  8. Setelah semua proses terselesaikan sesuai harapan, KLiK! "Apply to Blog" yang terletak di pojok kanan atas halaman. Tunggulah beberapa saat hingga proses selesai.
  9. KLiK! "Back to Blogger" untuk kembali ke "Design" (Rancangan) atau KLiK! "View Blog" untuk melihat bentuk hasil blog baru hasil perubahan template.
  10. "Selesai" : Proses penggantian template "New Blogger Template" telah selesai dan anda bisa melanjutkan dengan posting atau beberapa aktivitas lain seperti misalnya penambahan widget atau manambahkan fungsi-fungsi yang baru.
2. Layout Templates
  1. Edit HTML : Tarik halaman ke bawah dan KLiK! link yang bertuliskan "Pilih Template Tata Letak".
  2. Pilih Template : Tentukan template pengganti dengan memberi tanda pada setiap pilihan yang tersedia, kemudian KLiK! "Simpan Template" (SAVE Template).
  3. Setelah beberapa saat akan terlihat pemberitahuan bahwa perubahan telah dilakukan dengan pernyataan bertuliskan "Perubahan Anda telah disimpan. Lihat Blog".
  4. Lanjutkan dengan KLiK! link yang tersedia, sesuai dengan langkah lanjut yang diinginkan. Sampeyan bisa buka blog untuk melihat hasil perubahan yang telah dilakukan (Open blog/Buka Blog), Melakukan posting dengan KLiK! link "Posting" atau mungkin jika ingin menambahkan kode baru bisa lanjutkan dengan KLiK! "Edit HTML".
3. Classic Templates
Jika sampeyan sudah bisa mengganti template dengan 2 cara di atas, maka dengan cepat dan mudah bisa melakukan pergantian blog dengan template klasik. Untuk diketahui saja bahwa template klasik ini sudah tidak pernah dipakai blogger karena lebih banyak yang menyukai penggunaan "Template Tata Letak" atau "Template Blogger Baru".

~ Ganti dengan Template Gratisan ~
Penggantian template blog dengan template gratisan yang banyak tersedia melalui layanan "free template" bisa dilakukan dengan cara "download atau copy kode" kemudian di pastekan di template sampeyan untuk menggantikan kode HTML yang ada. Beberapa template juga mengharuskan kita untuk meng-upload terlebih dahulu beberapa gambar (image) atau kode CSS dan javascript yang digunakan, baru kemudian template yang ada bisa dipergunakan. File template yang diperoleh dari "Free Download Templates", jika berupa file berekstensi .xml, maka proses penggantian template dilakukan melalui halaman "Edit HTML". KLiK! button "Browse..." (di bawah teks "Backup/Restore Template"), kemudian KLiK! file template-nya (yang tersimpan di folder PC) dan selesaikan dengan KLiK! "Unggah". Setelah beberapa saat bukalah blog untuk melihat bentuk blog yang baru setelah perubahan selesai dilakukan.


CATATAN :

Setiap kali dilakukan pergantian template dengan template baru, alangkah baiknya apabila template yang sebelumnya telah digunakan untuk disimpan terlebih dahulu (backup template) dengan cara menyimpan file template yang berekstensi .xml di folder PC sehingga apabila terjadi kegagalan maka template lama yang mungkin telah ditambah dengan widget-widget baru yang dianggap penting bisa tetap dipergunakan. Untuk mengamankan template bisa dilakukan dengan cara "Cara Back-Up Template di Halaman Edit HTML"








Semoga menolong dan memberi manfaat bagi sobat BloGgeR yang mau ganti template!


4 komentar:

  1. Terima kasih untuk mengikuti saya dalam hal ini menyebabkan dalam membantu orang tua.
    http://maustratosaoidosodenuncie.blogspot.com
    Persaudaraan pelukan dari Brazil

    BalasHapus
  2. Thanks sudah berbagi ilmunya, sukses selalu...

    BalasHapus
  3. mas, gimana caranya kalo kita mau upload template flash ke blog.

    BalasHapus

Terimakasih Atas Komentar Anda!

Arah Kiri ~ 1 Arah Kanan  ~1 Arah Home ~ 1
 

Demas Surabaya and "IKBDS" Edited by DEMAS