Pengikut

Translator:

Minggu, 28 November 2010

Dengan berkembangnya zaman yang semakin modern maka gaya hidup manusia pun beraneka ragam bentuknya, mulai dari cara berpakaian sampai cara mereka mengkonsumsi makanan pun sangat beraneka ragam macamnya untuk itu kalau kita tidak waspada dalam menyikapi pola hidup kita di zaman yang serba ada ini, tidak mengherankan kalau suatu saat nanti kita akan bertemu dengan penyakit yang namanya "Kencing Manis".

Kencing manis, ternyata tidak semanis namanya. Ia juga terkenal ganas, namun masih bisa dijinakkan. Salah satunya, yakni dengan olahraga dan sangat penting untuk memeriksakan gula darah secara teratur agar segera dapat dideteksi meningkatnya gula darah sehingga dapat ditanggulangi, baik dengan mengatur makanan dan atau obat-obatan yang dapat menurunkan kadar gula darah., untuk menghindari komplikasi-komplikasi yang mungkin terjadi. Sehingga, penderitanya masih bisa tetap hidup secara normal.

Memang, jika mendengar nama kencing manis atau Diabetes Mellitus, terkesan penyakit ini tidak ramah. Maklum, komplikasi dari penyakit ini bisa merembet kemana-mana. Cukup membuat dada berdebar-debar dan terus beristighfar. Bayangkan, ia bisa menyebabkan: kebutaan, impotensi, gangguan saraf (neuropati), gagal ginjal, komplikasi kehamilan, gangren, penyakit jantung koroner, stroke dll. Apalagi, dokter sudah memvonis bahwa diabetisi atau penderita kencing manis tidak akan bisa disembuhkan. Lengkap sudah ketakutan bagi orang yang menyandang penyakit yang tidak pandang bulu dan usia ini. Tapi, apa sih sebenarnya penyakit kencing manis itu?

Penyakit kencing manis adalah penyakit yang ditandai oleh kadar gula darah yang tinggi melebihi batas-batas normal. Penyakit ini disebabkan oleh kurangnya kadar insulin dalam darah. Insulin adalah hormon yang dihasilkan oleh tubuh dan mempunyai fungsi penting dalam metabolisme glukosa.

Ada beberapa keluhan yang sangat dikenali sejak jaman dahulu kala dan dianggap sebagai keluhan yang khas yaitu banyak kencing (poliuria), banyak minum (polidipsia), banyak makan (polifagia) dan berat badan yang menurun dengan cepat. Selain keluhan-keluhan di atas, masih banyak keluhan (yang sebenarnya tidak spesifik) yang dihubungkan dengan penyakit kencing manis. Keluhan-keluhan itu misalnya sering bisulan, gatal-gatal pada kulit dan kemaluan, keputihan, cepat lelah, sering mengantuk, kesemutan dan lain-lain. Gejala-gejala ini memang berhubungan dengan penyakit kencing manis yang diderita.


Ada orang yang memiliki faktor risiko tinggi untuk menderita DM, artinya dia mempunyai berbagai kondisi yang menempatkannya pada kemungkinan yang lebih besar untuk menderita kencing manis. Misalnya, usia lebih dari 45 tahun, riwayat keluarga menderita kencing manis, kegemukan, pernah melahirkan bayi dengan berat lebih dari 4 kg, pernah mengalami kadar gula yang meningkat dan digolongkan dalam Tolerasi Glukosa Terganggu (TGT), kadar lemak darah yang buruk.

Menurut dokter Suzanna Ndraha SpPD, ahli penyakit dalam RS Tebet dalam Seminar tentang Diabetes Untuk Orang Awam, ketika penderita DM melakukan olahraga, maka akan terjadi peningkatan pemakaian glukosa sehingga kadar gula darah menurun. Di samping itu, aliran darah juga meningkat bersamaan dengan suplai oksigen dan zat gizi ke seluruh jaringan meningkat.

Bagi penderita yang malas atau enggan berolahraga atau yang tidak memperdulikan penyakitnya, maka akan terjadi kebutuhan akan glukosa yang begitu tinggi dalam tubuhnya untuk sumber kalori, sedangkan pada saat yang sama tidak bisa menggunakan karena kurangnya insulin. Lalu, untuk mendapatkan glukosa itu tubuh melakukan pembongkaran pada cadangan energi yang terdapat pada asam lemak bebas. Akibat penggunaan asam lemak itu akan menghasilkan zat keton, yang menyebabkan terjadinya ketoasidosis. Bila hal ini terjadi, berarti penderita itu dalam kondisi gawat darurat dan harus dilarikan ke rumah sakit.




وَإِذَا مَرِضْتُ فَهُوَ يَشْفِينِ
"Dan apabila aku sakit, Dialah Yang menyembuhkan aku," [QS. Asy Syu'araa' : 080]


20 komentar:

  1. hhe hhe,
    lucu gan judulnya...
    like it n nice post...

    BalasHapus
  2. wah, kencing manis itu penyakit yg paling mematikan sob...
    jgn sampe kenalan deh ama tu penyakit...


    (pa kbr sob? ditunggu komen baliknya ya)

    BalasHapus
  3. ngeri euy... hati hati pola makan berkadar gula..

    BalasHapus
  4. Iya,
    makanya
    aku Mulai olahraga dari sekarang

    BalasHapus
  5. mari la kita pergi bersukan..
    elakan kena kencing masin, diusia muda..

    BalasHapus
  6. ai lie this post...
    salam kenal....
    saya tunggu kunjungan baliknya

    BalasHapus
  7. yoek siap berolahraga..hehhee
    salam kenal..
    saya undang semuanay untuk datang ke blog sya
    http://uliearieph.blogspot.com

    BalasHapus
  8. betul banget . . .
    post yang bagus :D

    BalasHapus
  9. penyakit yang memberi penderitaan jangka panjang. justru harus berhati-hati dalam pengambilan gula terutama dalam minuman seharian.

    BalasHapus
  10. Tidak ada daya dan kekuatan melainkan hanya milik Allah

    BalasHapus
  11. mulai skrg hrs jga pola mkan n olahraga neh,
    good info..=)
    (*br nyempatin komen, hhe..)

    BalasHapus
  12. great blog. want to link exchange with me?

    BalasHapus
  13. hallo teman,

    saya mau minta tolong nich... Boleh nggak..???
    Begini...saya kan sekarang sedang mengikuti sebuah kompetisi blog.
    Nah, saya butuh support dari teman agar bisa menang,
    untuk memberikan komentar pada artikel saya di :
    http://rifkifauzi.blogdetik.com/index.php/2010/11/dari-internet-sehat-jadi-hebat-dari-dunia-maya-jadi-nyata/

    TERIMA KASIH BANYAK

    salam teman blog,
    Rifki Fauzi
    (weowe.blogspot.com)

    BalasHapus
  14. lagi info tentang kencing manis di SIHAT SELALU - Penawar Kencing Manis Mujarab

    BalasHapus
  15. Hola.me alegro de encontrarte por mi blog.Es maravilloso..Te seguiré también .Un beso desde España.

    BalasHapus
  16. artikel yang sangat bermanfaat, makasih pencerahannya.

    BalasHapus
  17. d mana ini pengobatannya,,,, kandangan kal sel kah ?????

    BalasHapus
    Balasan
    1. @ TGT Barabai,

      Di Jl. Medokan Semampir Indah No. 125 Surabaya - JATIM No. Telp. 0315993164

      Semoga cepat diberikan kesembuhan Aamiin.......

      Hapus

Terimakasih Atas Komentar Anda!

Arah Kiri ~ 1 Arah Kanan  ~1 Arah Home ~ 1
 

Demas Surabaya and "IKBDS" Edited by DEMAS