Pengikut

Translator:

Sabtu, 11 Desember 2010

Batu ginjal yang seringkali menjadi momok menakutkan bagi tiap orang. Apalagi, batu ini dapat menyebabkan gagal ginjal jika terlambat ditangani.

Batu ginjal ini terbentuk dari berbagai macam zat. Umumnya batu ini terbentuk dari zat kalsium dan oksalat. Jumlahnya pun terkadang tidak hanya satu. Bisa beberapa batu dengan ukuran yang bervariasi. “Umumnya, batu-batu ini berukuran antara 7 hingga 10 mm. Tapi ada juga yang bisa mencapai ukuran 15 mm.

Penyebab:
Apa yang menyebabkan terjadinya batu ini masih belum diketahui secara pasti. Ada anggapan jika pola makan berkaitan dengan meningkatnya risiko pembentukan batu. Misalnya asupan kalsium berlebihan dapat memperbesar risiko terkena batu ginjal. Tapi hal tersebut tidak benar.

Pada kenyataannya ada orang yang sudah menjaga asupan kalsium tapi tetap terkena batu ginjal. Sedangkan orang lain yang banyak mengasup kalsium malah tidak kena batu ginjal.

Para dokter menduga hal ini disebabkan oleh faktor genetik. Adanya kelainan genetik pada pasien yang membuat tubuhnya berlebihan mengeluarkan kalsium ataupun zat lain yang dapat membentuk batuan. Sehingga zat mineral tersebut mengendap di ginjal ataupun di saluran kemih dan menjadi batu.

Penanganan:
Banyak minum air putih merupakan cara untuk membantu mengeluarkan batu-batu yang sudah pecah tersebut melalui urin.

Jika ukuran batu terlalu besar maka harus segera diangkat. Cara yang ditempuh pun tidak menggunakan pembedahan dengan sayatan besar. Saat ini pengangkatan batu bisa dilakukan dengan teknik laparoskopi, yaitu pembedahan dengan sayatan minimal. Atau bisa juga dengan teknik gelombang kejut (ESWL) yang akan menghancurkan batu hingga bisa dikeluarkan melalui urin.

Pencegahan:
Meski pola makan tidak terlalu berpengaruh pada pembentukan batu ginjal, pola hidup yang sehat tetap dianjurkan bagi tiap orang yang sudah terkena ataupun belum terkena batu ginjal. Pola hidup sehat tersebut antara lain mengatur pola makan, minum air putih yang banyak, dan beraktifitas secara rutin dapat memperlama proses pembentukan dan besarnya batu.




وَإِذَا مَرِضْتُ فَهُوَ يَشْفِينِ
"Dan apabila aku sakit, Dialah Yang menyembuhkan aku," [QS. Asy Syu'araa' : 080]


0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Atas Komentar Anda!

bird

Arah Kiri ~ 1 Arah Kanan  ~1 Arah Home ~ 1
 

Demas Surabaya and "IKBDS" Edited by DEMAS