Pengikut

Translator:

Sabtu, 09 Oktober 2010

Rasulullah S.A.W. memerintahkan kita untuk memberi nama anak kita pada hari ke-7 setelah kelahirannya. Selain disunatkan untuk dicukur rambutnya, maka jika mampu, kita bisa melaksanankan akikah.

Dari Samurah bin Jundub r.a berkata, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: “Setiap anak kecil (bayi) dipertaruhkan dengan suatu aqiqah; disembelih untuknya pada hari ke tujuh, dicukur kepalanya dan diberi nama”. (Riwayat Imam Abu Daud, Tirmizi, an-Nasai dan Ibnu Majah)

Ada satu hadits lagi yang berkenaan dengan waktu penamaan anak kita. Dalam hadits ini, kita bisa memberi nama pada hari pertama kelahiran anak kita.

Dari anas r.a berkata, Rasulullah S.A.W. bersabda : “Seorang anak telah lahir untukku malam ini dan Aku memberi nama mirip dengan nama kakek moyangku, Ibrahim”. (HR Muslim dan Abu Dawud)

Dari kedua hadits tersebut, dapat terlihat bahwa Islam memberikan keleluasaan bagi kita untuk memberi nama kepada anak kita. Kita bisa memberi nama pada hari pertama sampai hari ketujuh setelah kelahirannya. Akan tetapi, dari redaksi kata hadits pertama dapat terlihat bahwa Rasulullah S.A.W. merekomendasikan kita untuk memberi nama pada hari ke tujuh. Adapun hadits kedua yang menyebutkan penamaan anak pada hari pertama adalah merupakan tindakan pribadi beliau.

Tips Memilih Nama Bayi Anda

Seorang bayi yang baru dilahirkan adalah sebuah keajaiban. Pada saat tersebut, Anda akan mulai bermimpi dan mempunyai rencana. Apakah dia (bayi anda) akan menjadi seorang dokter ? Apakah dia akan tampan dan pintar ? Untuk itu, Orang tua akan menghabiskan berjam-jam untuk membicarakan dan berdiskusi tentang hal yang paling penting bagi bayi mereka – Nama apakah yang akan kita berikan kepada bayi kita ?

Pertanyaan tersebut di satu sisi akan menghibur kita, akan tetapi di sisi lain justru akan membuat kita tertekan. Untunglah, ada beberapa metode supaya kita bisa fokus dan tetap berjalan pada situasi yang menguntungkan.

Beberapa Tips Memilih Nama Bagi Anak Anda

Mempunyai arti atau makna yang dalam
Apa yang sebenarnya terkandung dalam sebuah nama Banyak nama anak diambil dari bahasa yang mempunyai makna yang sangat dalam dan sebaliknya, mungkin beberapa diantaranya malah tak berarti. Jika anda menemukan nama yang indah, akan tetapi bermakna “sesuatu yang lemah”, pasti anda akan mencari alternatif nama yang lain.

Dalam kasus yang sama, jika anda baru akan mulai mencari, pertimbangkanlah nama berdasarkan keadaan yang positif yang mungkin mewakili bayi anda. Banyak anak-anak yang diberi nama yang mempunyai symbol harapan dan kebahagiaan.

Mempunyai Kesan
Kesan apa yang dibuat nama tersebut Jika anda memberi nama anak anda dengan nama yang sulit untuk diucapkan, anda harus memikirkannya kembali. Beberapa orang tua menganggap hal tersebut sangat menarik. Hal ini justru membingungkan orang lain.

Secara umum, nama keluarga yang panjang dipasangkan dengan nama pertama yang singkat, begitupula sebaliknya. Kita harus ingat, setiap anak akan menuliskan namanya pada setiap kertas pada sepanjang hayatnya.

Jangan lupakan kenangan masa lalu
Mungkin satu nama akan terdengar indah di telinga anda, sampai anda mengetahui bahwa nama tersebut persis sama dengan nama mantan tunangan suami anda begitupula sebaliknya. Jika suatu nama memberi rasa yang buruk di lidah anda, maka hal tersebut akan terbawa ketika anda berbicara pada anak anda.

Maka Temukanlah Nama Yang Bisa Menyenangkan Semua Pihak

Agama
Banyak agama membahas pemberian nama kepada bayi yang baru dilahirkan menurut kepercayaan agama-agama tersebut. Beberapa agama merasa bahwa nama anak harus berasal dari leluhur, beberapa menganjurkan untuk memberi nama yang berhubungan dengan nama nabi atau orang suci. Agama adalah aspek yang penting untuk dipertimbangkan, namun biasanya akan lebih mudah dicampur dengan nama tengah, nama keluarga, atau sedikit kreativitas.

Kehormatan
Haruskah seorang bayi diberi nama sebagai symbol kehormatan Anak pertama mungkin akan diberi nama setelah ayahnya. Jika ini terjadi, berilah nama panggilan untuk menghindarkan dua nama dalam satu keluarga. Nama tengah bisa menjadi alternative cara untuk menghormati leluhur atau orang tua .

Julukan
Beberapa nama sangat mudah untuk diberi julukan. Jika anda berpikir julukan tersebut sangat baik dan postif, maka gunakanlah secepatnya.

Jenis Kelamin
Terkadang, garis nama antar gender sangatlah tipis. Hal ini bisa menjadi hal baik bagi bayi anda ataupun sebaliknya. Anak lelaki misalnya, tidak pernah menginginkan satu ruangan dengan seorang perempuan yang mempunyai nama yang sama.

Ejaan
Pada satu kasus, anda mungkin akan mempertimbangkan nama dengan ejaan yang unik dan tradisional. Akan tetapi, jika nama bayi anda sangat sulit dieja dan sulit untuk diingat bahkan untuk ditulis sekalipun, maka anda telah melangkah terlalu jauh.

Mudah dibawa
Yang paling penting adalah anda dan anak anda dapat hidup bahagia dengan nama tersebut. Apakah anda nyaman dengan nama tersebut ketika diucapkan apakah nama tersebut mudah jika diucapkan di balik pintu atau lantai atas.

Ingatlah, bahwa nama akan menjadi beban bagi anak. Jika seorang anak diberi nama sesuai dengan nama seorang yang terkenal di negara atau budaya, apakah dia akan kuat menghadapi tekanan ?

Seperti hal nya kehamilan, memilih nama bayi yang sempurna adalah sebuah pengalaman unik bagi setiap orang tua. Kita dapat mengambil pelajaran dari para orang tua yang mempunyai banyak anak. Bagaimana mereka memberi nama pada setiap kelahiran anak-anak mereka. Hal yang penting bagi kita adalah memiliki pikiran dan hati yang terbuka untuk dapat mengambil pelajaran tersebut.

Banyak orang tua terlalu memfokuskan diri pada proses kelahiran anak mereka dan kurang memperhatikan masalah penamaan. Ada baiknya, orangtua merencanakan dengan baik nama yang akan diberikan bagi anak mereka. Nikmatilah perencanaan dan yang paling utama, nikmatilah kebahagiaan menjadi orangtua.

Silahkan Download link di bawah ini untuk melihat daftar nama-nama islami!









0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Atas Komentar Anda!

bird

Arah Kiri ~ 1 Arah Kanan  ~1 Arah Home ~ 1
 

Demas Surabaya and "IKBDS" Edited by DEMAS